15 December 2010

Hubungan Pola Asuh Ibu terhadap Status Gizi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 SDN XXX

Di kecamatan www prevalensi anak usia baru sekolah 3,89% mengalami gizi kurang, sedangkan di wilayah www dari 125 siswa SD kelas 1 1,2% (16 siswa) mengalami gizi kurang dan 71,2 % (89 siswa) diasuh oleh ibu yang bekerja di luar rumah.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu terhadap status gizi dan prestasi belajar. Penelitian didesain menggunakan observasional analitik dengan jenis pengumpulan data Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2009 dengan jumlah sampel 40 siswa yang dikelompokan dengan status ibu bekerja dan tidak bekerja. Data yang diambil meliputi pola asuh ibu, status gizi dan prestasi belajar siswa. Data diolah secara deskriptif dan dianalisis menggunakan uji statistik chis square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang memberikan pola asuh baik dengan skor 58 keatas sebesar 20% semua berasal dari ibu yang tidak bekerja di luar rumah. Status gizi siswa SD dalam kategori baik sebesar 50% semua berasal dari ibu yang tidak bekerja di luar rumah. Prestasi belajar siswa SD dalam kategori baik sebesar 22,5% semua berasal dari ibu yang tidak bekerja di luar rumah.

Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh ibu dengan status gizi siswa, tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh ibu dengan prestasi belajar, siswa  yang mendapat pola asuh baik cenderung mempunyai prestasi belajar baik, dan tidak  ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar, siswa yang mempunyai status gizi baik cenderung mendapatkan prestasi belajar baik.

Saran yang dapat diberikan yaitu adanya kerja sama antara guru dengan orang tua siswa khususnya ibu yang bekerja di luar rumah tentang masalah gizi anak untuk meningkatkan status gizi, sehingga menunjang prestasi belajar.

Key Word : Pola Asuh, Status Gizi, Prestasi Belajar

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI