31 October 2010

Pengaruh Penyimpanan dan Metode Pengolahan Batang Tebu (Saccharum Officanarum L) terhadap Mutu Gizi Minuman Sari Tebu


Sari tebu adalah salah satu minuman yang didapat dari ekstraksi tanaman tebu. Tebu selain digunakan untuk bahan dasar pembuatan gula juga dapat diolah menjadi minuman fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan, maka penelitian tentang profil zat gizi sari tebu sangat diperlukan untuk mendukung pemanfaatan minuman sari tebu sebagai minuman fungsional kesehatan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh penyimpanan dan metode pengolahan batang tebu terhadap profil gizi dan mutu organoleptik sari tebu. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mendukung sari tebu sebagai minuman fungsional kesehatan untuk masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan perlakuan penyimpanan dan metode pengolahan batang tebu dengan menggunakan 3 replikasi. Penelitian dilakukan di laboratorium Teknologi Pangan Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang pada bulan Maret 2010.
Hasil analisis kadar glukosa dan fruktosa menunjukkan bahwa kadar glukosa dan fruktosa tertinggi terjadi pada perlakuan batang tebu fresh dan tidak dikupas sebelum digiling yaitu sebesar 2,653 % dan 2,621%. Hasil analisis kadar kalium menunjukkan bahwa kadar kalium tertinggi tertinggi terjadi pada perlakuan batang tebu yang disimpan selama satu minggu dan tidak dikupas sebelum digiling yaitu 127,340 mg/100 ml sari tebu. Analisis mutu organoleptik menunjukkan bahwa panelis cenderung menyukai warna, aroma dan rasa dari produk sari tebu yang telah dikupas sebelum digiling.
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa sari tebu akan mengalami penurunan kadar glukosa dan fruktosa pada kelompok perlakuan disimpan selama satu minggu dan dikupas sebelum digiling, namun pada kadar kalium justru akan meningkat setelah batang tebu disimpan selama satu minggu dan tidak dikupas sebelum digiling. saran dari penelitian ini adalah adanya penelitian lanjutan tentang cara memperpanjang daya simpan sari tebu, serta mutu gizi dan mutu organoleptik.

Kata kunci : Sari Tebu, Glukosa, Fruktosa, Kalium.

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI