18 October 2010

Perbedaan Tingkat Pengetahuan Klien dan Durasi Waktu dalam Proses Konsultasi Diabetes Mellitus secara Manual dan Komputerisasi pada Rumah Sakit QQQ

Latar Belakang : Perkembangan teknologi informasi telah mengubah manusia dalam menyelesaikan semua pekerjaannya, bahkan dalam segala aspek kehidupan seperti pada saat pencarian informasi. Jika dahulu manusia mencari informasi sebatas pada buku, media cetak maupun secara lisan, sekarang lebih banyak mencari informasi melalui internet. Secara tidak langsung dapat dikatakan semua serba komputerisasi. Indonesia menempati urutan ke-4 terbesar dalam jumlah penderita DM di dunia. Berdasarkan data inventaris ruangan di Poli Komsultasi Gizi RS. QQQ, komputer yang tersedia belum dimanfaatkan secara maksimal khususnya untuk proses konsultasi gizi. Proses konsultasi gizi dilakukan secara manual sehingga perhitungan kebutuhan klien memerlukan waktu yang relatif lama ±10 menit. Di rumah sakit ini tenaga ahli gizinya hanya ada satu orang, dengan keadaan ini maka proses konsultasi gizi kurang berjalan secara optimal.

Tujuan penelitian : untuk mengetahui adanya perbedaan mengenai tingkat pengetahuan klien dan durasi waktu dalam proses konsultasi diabetes mellitus secara manual dan komputerisasi pada rumah sakit QQQ. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan efisiensi waktu proses konsultasi gizi khusunya untuk penyakit diabetes mellitus dengan memanfaatkan software aplikasi komputer, sehingga dapat meningkatkan tingkat pemahaman klien pada proses konsultasi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan studi cross sectional dengan pengolahan data menggunakan uji impaired t-test dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil :berdasarkan uji statistik diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan responden terhadap materi serta durasi waktu yang diberikan selama konsultasi gizi diabetes mellitus secara manual dan komputerisasi (p < 0,05).

Kesimpulan : berdasarkan data hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara konsultasi secara manual dengan konsultasi secara komputerisasi, meskipun terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi pengetahuan klien dan durasi waktu dalam proses konsultasi. Saran dalam penelitian ini diharapkan nantinya untuk proses konsultasi dilakukan secara komputerisasi, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan konsultasi gizi yang akan sesuai dengan perkembangan teknologi modern.

Kata Kunci : Konsultasi secara manual, Konsultasi secara komputerisasi, Software Diabetes Mellitus.

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI