17 December 2010

Pengaruh Penggunaan Enzim Papain Instan Pada Pembuatan VCO Terhadap Kualitas VCO Ditinjau Dari Mutu Fisik dan Mutu Kimia

Virgin Coconut Oil
Dalam era globalisasi sekarang ini terjadi perubahan pola kebiasaan terhadap makanan yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan sehingga menyebabkan munculnya penyakit degeneratif. Alternatif dalam menangani masalah tingginya penyakit degeneratif dapat dilakukan dengan menggunakan obat herba yaitu minyak kelapa murni (VCO) yang terbukti ampuh dalam menumpas beragam penyakit degeneratif.

Pembuatan VCO biasa dilakukan dengan metode pemanasan, akan tetapi dengan metode pemanasan bisa merusak kandungan VCO itu sendiri. Sehingga perlu dibenahi  dengan metode tanpa pemanasan yaitu metode enzimatis dengan menggunakan enzim papain instan. Selama ini, belum ada penelitian yang memastikan konsentrasi yang tepat dalam pemberian enzim papain instan dalam pembuatan VCO. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang pengaruh konsentrasi enzim dalam menghasilkan VCO yang berkualitas baik dari mutu fisik dan mutu kimia.

Penelitian ini merupakan penelitian desain true experiment dengan jenis penelitian laboratorium. Pemberian perlakuan pada penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari 6 taraf perlakuan dengan 3 kali replikasi.

Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa enzim papain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rasa, warna dan aroma VCO. Dari segi mutu kimia, enzim papain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bilangan asam, bilangan peroksida, bilangan iod dan bilangan penyabunan. Tetapi, enzim papain tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kadar air pada VCO. Perlakuan terbaik dengan penggunaan enzim papain terdapat pada perlakuan 1%. Pada konsentrasi 1%, VCO yang dihasilkan masih belum memenuhi standar Codex yaitu pada bilangan iod masih belum memenuhi standar, sehingga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut mengenai metode pembuatan VCO secara dingin yang bisa menghasilkan VCO berkualitas dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Kata kunci: Enzim papain instan, mutu fisik VCO, mutu kimia VCO

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI