17 November 2010

Perencanaan Menu dalam Hubungannya dengan Kualitas Makanan dan Daya Terima Makanan Anak di TK. XXX.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses perencanaan menu dan hubungannya dengan kualitas dan daya terima anak terhadap makanan sekolah di TK XXX.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional dengan desain penelitian bersifat cross sectional dan untuk mengetahui hubungan kualitas makanan dengan daya terima anak terhadap makanan sekolah digunakan uji Fisher Exact Test.
Penelitian dilakukan selama 1 minggu yaitu tanggal 5-10 Juni 2006. Populasi penelitian ini adalah semua murid TK B di TK. XXX yang telah memenuhi kriteria sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, penimbangan. Data yang diperoleh diprosentasikan dan dianalisis secara deskriptif kemudian dibandingkan dengan kepustakaan yang ada.
Hasil penilaian kualitas makanan dengan menggunakan metode skala hedonik diperoleh hasil behwa 90% responden menyatakan kualitas makanannya baik, responden yang menyatakan kualitas makanan cukup sebesar 5%, dan responden menyatakan kualitas makanan kurang juga 5%. Dari penilaian daya terima makanan diperoleh hasil untuk daya terima makanan pokok (nasi) 47.5% anak memiliki daya terima baik, 45% anak memiliki daya terima cukup, dan 7.5% anak memilik daya terima kurang. Untuk daya terima lauk hewani, 77.5% anak memiliki daya terima baik, daya terima cukup sebesar 17.5% dan anak yang memiliki daya terima kurang sebesar 5%. Untuk daya terima lauk nabati, 52.5% responden memiliki daya terima baik, 42.5% memiliki daya terima cukup dan 5%. Untuk daya terima sayur, anak yang memiliki daya terima baik sebesar 65%, yang memiliki daya terima cukup sebesar 30% dan yang memiliki daya terima kurang sebesar 5%.  
Dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan uji Fisher’s Exact Test dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas makanan yang disajikan dengan daya terima anak terhadap makanan sekolah.
            Dalam penyelenggaraan makanan di TK XXX perlu dipertimbangkan penggunaan siklus 14 hari. Perlu diperhatikan kualitas makanan dan standar porsi agar kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi.


NB : Untuk Mengetahui Lebih Lanjut dan mendapat full teks dalam bentuk pdf, silahkan menjadi member/ follower serta kirim email disini

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI