09 March 2011

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang

Kartika Dewa Chandraningtyas. 2010, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang.

Berdasarkan survei pendahuluan di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang dapat diketahui bahwa tiap harinya warung ini selalu memproduksi makanan kurang lebih 420 porsi. Warung ini memang memiliki fisik dan kebersihan yang kurang tetapi tiap harinya bisa mendatangkan pengunjung berjumlah kurang lebih 225 orang. Frekuensi kunjungan mereka yang datang tiap bulannya rata-rata antara 1-2 kali. Harga makanan di warung ini terjangkau untuk semua kalangan konsumen mulai dari remaja sampai yang tua dan mulai dari kalangan biasa hingga kalangan atas, yaitu Rp. 5.000,-/porsi untuk harga nasi goreng biasa dan Rp. 7.500,-/porsi untuk harga nasi goreng campur hati. Selain itu bahan bahan bakar untuk memasak makanannya adalah arang.


Penelitian menggunakan metode observasional dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada tangga 15-19 Maret 2010. Teknik pengambilan secara non random (non probability) dan accidental. Untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel yang satu dengan yang lainnnya digunakan uji Fisher’s Exact Test dan uji Chi Square kemudian dilanjutkan dengan Koefisien Kontingensi dengan menggunakan SPSS for windows versi 16.0 dengan α = 0,05.
Penilaian konsumen terhadap citarasa makanan di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang termasuk kategori baik yaitu sebanyak 139 orang (99%), . terhadap harga makanan dari hidangan yang disajikan termasuk kategori sesuai yaitu sebanyak 108 orang (77%), terhadap pelayanan pegawai termasuk kategori baik yaitu sebanyak 138 orang (99%), dan terhadap karakteristik fisik termasuk kategori cukup baik yaitu sebanyak 74 orang (53%). Tingkat kepuasan konsumen di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang yang menyatakan puas sebanyak 127 orang (91 % ).

Tidak ada hubungan yang bermakna antara cita rasa makanan dengan tingkat kepuasan konsumen di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang. Tetapi ada hubungan yang bermakna antara harga, pelayanan, dan karakteristik fisik terhadap kepuasan konsumen.

Saran yang diberikan kepada pemilik Warung Nasi Goreng RR mengenai penerangan di warung yang masih kurang maka diharapkan dapat menambah lampu penerangan berupa satu buah lampu cempluk di dekat meja konsumen,suasana ruangan di Warung kurang nyaman apalagi saat pelanggan yang datang mulai berjubel datang kesana maka diharapkan pemilik warung sebaiknya membatasi area warung atau dibuat alur untuk jalan keluar masuk bagi para konsumen. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang higiene sanitasi (air, personal, bahn makanan dll) di Warung Nasi Goreng RR Kota Malang.

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI