22 January 2011

Tingkat Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Kualitas Makanan, Harga Makanan, Karakteristik Pelayanan dan Karakteristik Fisik di Kantin Kopma dan Pujasera No Name

Makanan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia, oleh karena itu penyelenggaraan makanan merupakan suatu keharusan baik di lingkungan keluarga maupun di luar lingkungan keluarga. Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan ditentukan oleh kualitas makanan, harga makanan, karakteristik pelayanan dan karakteristik fisik yang memuaskan bagi konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan konsumen ditinjau dari kualitas makanan, harga makanan, karakteristik pelayanan dan karakteristik fisik di Kantin Kopma dan Pujasera No Name.
Penelitian ini dilaksanakan di Kantin Kopma dan Pujasera No Name pada bulan Mei 2008. Jenis penelitian bersifat observasional dengan desain penelitian cross sectional study. Sasaran adalah 143 konsumen yang terbagi menjadi dua tempat dengan persentase perbandingan jumlah pengunjung yang datang di kedua tempat ini yaitu Kantin Kopma 93 orang (65%) dan Pujasera 50 orang (35%). Data dikumpulkan dengan cara wawancara dengan pemilik rumah makan, pengisian kuesioner oleh konsumen dan pengamatan langsung di kedua tempat makan. Data yang diperoleh ditabulasikan, dianalisis dan disajikan secara deskriptif serta dibandingkan dengan kepustakaan yang ada.
 

Sebagian besar konsumen menyatakan kualitas makanan di Pujasera (88%) lebih baik dibandingkan Kantin Kopma (84,9%). Penilaian konsumen terhadap harga makanan sebagian besar menyatakan lebih sesuai di Pujasera (88%) dibandingkan di Kantin Kopma (66,7%). Penilaian konsumen terhadap karakteristik pelayanan petugas sebagian besar menyatakan lebih baik di Pujasera (78%) dibandingkan di Kantin Kopma (54,8%). Penilaian konsumen terhadap karakteristik fisik sebagian besar menyatakan lebih tidak sesuai di Pujasera (70%) dibandingkan di Kantin Kopma (62,3%). Jumlah konsumen yang merasa puas di Pujasera lebih banyak (84%) dibandingkan di Kantin Kopma (67,7%).
 

Tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas makanan, harga makanan, karakteristik pelayanan petugas dan karakteristik fisik. Kantin Kopma perlu mempertimbangkan dalam menentukan harga per porsi makanan yang disajikan. Perlunya penambahan petugas pelayanan di Kantin Kopma mengingat jumlah pengunjung yang datang lebih banyak, dan untuk meningkatkan penampilan petugas pelayanan makanan sebaiknya perlu pengadaan seragam karyawan khususnya di Pujasera. Sebaiknya Kantin Kopma dan Pujasera mengupayakan mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran dari Dinas Kesehatan untuk menjamin mutu makanan.

Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Makanan, Harga Makanan, Karakteristik Pelayanan dan Karakteritik Fisik.

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI