08 January 2011

Pengaruh Suhu dan Lama Pemanasan Pada Ekstraksi Ikan Lele (Clarias Batrachus) Terhadap Kadar Albumin, Rendemen, dan Mutu Organoleptik Filtrat Ikan Lele.

Salah satu masalah gizi di rumah sakit adalah Hipoalbuminemia. Hipoalbuminemia merupakan masalah yang sering dihadapi pada pasien dengan kondisi medis akut atau kronik. Pada saat masuk rumah sakit sekitar 20 % pasien sudah menderita. Kadar albumin darah yang rendah menjadi predictor penting berhubungan dengan mortalitas dan morbiditas.
Berdasarkan uji pendahuluan yang telah dilakukan, diketahui bahwa kadar albumin ikan lele cukup tinggi, yaitu 0,53 g/dl mengingat lele merupakan salah satu bahan makanan dengan sumber protein yang cukup tinggi sehingga setelah di ekstrak menghasilkan filtrat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi pasien hipoalbuminemia yang semakin bertambah penderitanya dan untuk mengetahui besarnya kandungan albumin ikan lele dapat diperoleh dari hasil laboratorium.
Penelitian ini bertujuan untuk menambah atau memperkaya ilmu pengetahuan dan pemanfaatan ikan lele yang selama ini kurang maksimal, serta memberikan alternatif penyembuhan bagi penderita hipoalbuminemia.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh suhu dan lama pemanasan dalam ekstraksi terhadap kadar albumin, rendemen dan mutu organoleptik pada filtrat ikan lele ( Clarias Batrachus ). Ekstraksi pengukusan ikan lele dilakukan di Laboratorium Ilmu Teknologi Pangan, sedangkan analisa kadar albumin dilakukan di Laboratorium Kimia pada bulan Februari 2009. Penelitian ini menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap dengan 6 taraf perlakuan dan 3 kali replikasi.
Kadar albumin filtrat ikan lele ( Clarias Batrachus ). berkisar antara 1,214 – 1,327 g/dl dan hasil rerata rendemen pada filtrat ikan lele berkisar antara 0,19 – 0,39%. Hasil Organoleptrik menunjukkan bahwa nilai tertinggi pada uji rangking dalam hal ini warna produk terdapat pada perlakuan pertama (suhu 500C selama 30 menit), menunjukkan bahwa nilai uji rangking tertinggi dalam hal ini flavour terdapat pada perlakuan suhu 700C selama 30 menit. Walaupun pada perlakuan tersebut menduduki urutan pertama tetapi aroma dan rasa keenam produk tersebut tidak jauh beda bila dibandingkan dengan pembanding yang telah diberi perlakuan dengan penambahan rempah-rempah dan madu pada hasil ekstraksi.

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI