03 January 2011

Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Penggunaan Garam Beryodium pada Masyarakat Pantai dan Pegunungan

Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) merupakan salah satu masalah gizi utama di Indonesia yang memerlukan penanganan yang intensif. Berdasarkan palpasi di Kecamatan XXX tahun 2001 diperoleh data sebanyak 11% anak SD mengalami pembesaran kelenjar gondok, sedangkan di Kecamatan YYY diperoleh hasil sebesar 29,9% pada tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat pengetahuan dan penggunaan garam beryodium pada masyarakat pantai dan pegunungan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional yang dilaksanakan pada Bulan Mei–Juli 2008. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan titrasi yodometri pada garam yang digunakan masyarakat pantai dan pegunungan. Perbedaan tingkat pengetahuan (p≤) antara masyarakat pantai dan pegunungan meliputi pengetahuan tentang GAKY, tingkat pengetahuan masyarakat pegunungan lebih tinggi daripada masyarakat pantai. Pengetahuan tentang sifat yodium pada masyarakat pantai lebih tinggi daripada masyarakat pegunungan. Sedangkan pengetahuan yang tidak terjadi perbedaan (p>) meliputi pengetahuan tentang yodium yaitu cukup, pengetahuan tentang penyebab kretin, zat goitrogenik, dan bahan makanan sumber zat goitrogenik yaitu rendah. Cara penggunaan garam sebagian besar masyarakat pantai pada saat masakan dingin sedangkan masyarakat pegunungan menggunakan garam pada saat memasak.
Tidak ada perbedaan antara kadar yodium pada garam yang digunakan pada masyarakat pantai dan pegunungan yaitu antara 30-80 ppm. Saran pada penelitian ini adalah untuk Pemerintah maupun instansi terkait (Dinas Kesehatan setempat) diharapkan diadakan penyuluhan lebih lanjut kepada masyarakat khususnya masalah zat goitrogenik dan bahan makanan sumber goitrogenik terkait dengan sumber daya alam yang tersedia dan akibatnya apabila sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat.

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Penggunaan Garam Beryodium, Masyarakat Pantai dan Pegunungan

DM SOFTWARE ver 1.0


Photobucket



Mudah dalam pengoperasian, harga $188 , Jika berminat silahkan pesan dan kirim email ke kami. HP : 085234257676,
atau ke
email : krisaroni@gmail.com

Photobucket
KESEHATAN BUKAN BERARTI SEGALANYA, TAPI TANPA KESEHATAN SEGALANYA MENJADI TIDAK BERARTI